SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak.

Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya

Program pengembangan SMK yang menjadi Pusat Keunggulan (Centre of Excellence) dilakukan secara holistik dengan cakupan sebagai berikut:

  1. Keterlibatan IDUKA yang menyeluruh dalam pengembangan SMK;
  2. Guru berkapasitas dan bersertifikasi yang diakui IDUKA sektor Hospitality;
  3. Kepala SMK yang inovatif dan mampu mengembangkan SMK menjadi Pusat Keunggulan yang diakui IDUKA sektor Hospitality;
  4. SMK memiliki sarana dan prasarana yang yang berstandar IDUKA sektor Hospitality;
  5. SMK memiliki rekam jejak tingkat penyerapan lulusan di IDUKA yang baik sektor Hospitality;
  6. SMK menjadi rujukan (antara lain metode pembelajaran peserta didik, pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan, spesifikasi sarana dan prasarana, dll) bagi SMK lainnya;
  7. SMK menjadi pusat pengembangan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan bagi SMK lainnya.

Dengan adanya program ini maka SMK yang menjadi pusat keunggulan /Centre of Excellence (SMK CoE) pada sektor Hospitality diharapkan agar :

  1. Meningkatkan Kualitas Fasilitas Pendidikan Kejuruan sesuai dengan standar Kompetensi Keahlian dan Standar IDUKA sektor Hospitality, sehingga menjadi pusat keunggulan yang lebih berkualitas dan berdaya saing;
  2. Memenuhi standar aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan dari prasyarat teknis fasilitas Pendidikan Kejuruan, oleh pengguna dan pengelola SMK sesuai dengan kebutuhan IDUKA sektor Hospitality;
  3. Membangun citra baru SMK dengan menciptakan proses pembelajaran praktik kejuruan yang berkualitas sehingga dapat menjadi sekolah penggerak bagi pengembangan SMK lainnya.